Blog Personal tentang tips Blogging dan Internet Marketing

WordPress Untuk Bisnis Online

Saat mengelola web penjualan panduan wordpress dan bisnis online, banyak yang mempertanyakan tentang penggunaan wordpress.com sebagai sarana bisnis online. Walaupun wp.com memiliki fungsi yang amat sangat terbatas untuk bisnis online, tapi bukan berarti WP.com tidak bisa dibuat bisnis.

Lalu bagaimana caranya menjadikan wordpress.com sebagai sarana bisnis kita?

Yang sangat jelas, anda tidak bisa menggunakan WP.com sebagai blog untuk mendapatkan uang dari Google AdSense, AdBrite, atau berbagai macam program PPC lainnya. Anda juga tidak bisa menggunakannya untuk berbagai macam tipe bisnis B2B (Business to Business).

Tapi, anda bisa menggunakan Wp.com untuk menghasilkan uang lewat B2C (Business to Customer). Contoh B2C adalah penjualan produk dan affiliasi atau reseller.

Untuk berjualan produk, anda hanya perlu memajang foto produk lengkap dengan keterangan produk dan harga. Lalu buat page khusus yang berisi cara pemesanan produk. Anda bisa meletakkan nama, alamat, no. HP atau telp dan email agar pengunjung bisa menghubungi anda.

Saat ini, online cart memang masih belum terlalu digunakan di Indonesia, jadi mumpung belum terlalu penting anda bisa menggunakan cara manual seperti diatas.

Kemudian anda juga bisa menjual produk orang lain dengan system affiliasi. Caranya cukup mudah. Biasanya kita akan memberikan link affiliasi begitu saja. Misalnya :

http://cafebisnis.com/belajar-wordpress

Dengan cara itu, kita menyerahkan hasil kerja keras kita kepada web affiliasi yang bersangkutan. Ini sangat beresiko. Mereka yang baca, akan lebih mudah mengingat cafebisnis.com daripada embel-embel yang dibelakang.

Nah, dengan WP.com anda bisa mengarahkan calon pengunjung waktu promosi ke blog WP.com anda. Disana anda bisa memberikan tips dan trik seputar produk dan diakhir tiap tips anda sisipkan link produk affiliasi anda.

Dengan cara ini, anda bisa menawarkan banyak produk affiliasi hanya dengan satu alamat saja. Yaitu WP.com anda. Nah, anda bisa dapat duit kan akhirnya?

Ada cara lain yang cukup bagus, yaitu dengan menjual link di blogroll. Anda bisa menawarkan pemasangan link di blogroll anda dengan harga tertentu. Coba saja tawarkan, insya Allah akan ada yang berminat. Tapi berikan harga yang murah aja. Kecuali kalau blog anda punya traffic cukup tinggi dan memiliki PR tinggi, anda bisa menjual link blogroll dengan harga lebih tinggi.

So, selamat berbisnis dengan WordPress.com

PS:
Jika ingin serius bisnis online, sebaiknya memang install WordPress sendiri. Untuk mengetahui cara instalasi WordPress di PC agar kamu bisa menatanya dengan lebih baik tanpa harus membuang-buang bandwith yang masih mahal di Indonesia. Kamu bisa mencari artikelnya di sini : http://www.tosblong.blogspot.com/2009/10/install-wordpress-di-pc.html

sumber: Panduan Tidak Resmi WordPress.com
Ayo Like Facebooknya
Tag : Tutorial, WordPress

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
WordPress Untuk Bisnis Online
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top