Blog Personal tentang tips Blogging dan Internet Marketing

Algoritma SEO

Menurut kamus SEO, Algoritma adalah langkah-langkah matematis yang terbatas dan berurutan untuk memecahkan masalah. Setiap Search Engine memiliki algoritma masing masing untuk menentukan relevansi query yang digunakan dengan data-data website yang mereka miliki untuk menentukan daftar hasil pencarian search engine tersebut.

Hasil yang disediakan oleh search engine berdasarkan algoritma tertentu atas respon terhadap query yang digunakan, dikenal sebagai Organic Listing. Biasanya search engine juga menampilkan Paid Listing bersamaan dengan Organic Listing. Meski demikian, daftar dari Paid Listing yang ditampilkan biasanya juga relevan dengan query yang digunakan.


Algoritma SEO

  1. Algoritma SEO Google Freshness
    Pada algoritma Google Fresh yang diluncurkan pada tahun ini (2012), memiliki performa meningkatkan kemampuan googlebot untuk mendeteksi komposisi iklan dan tata letak iklan pada halaman web/blog. Dimana letak iklan yang kurang bahkan tidak disukai adalah pada header, di atas postingan dan di sidebar kanan atas, disamping itu banyaknya iklan yang terpasang akan membuat pinalti google. Disarankan agar memasang iklan pada posisi footer dan sidebar kiri bawah. Jadi perlu diperhatikan dalam melakukan optimasi seo google perlu mempertimbangkan banyaknya iklan dan letak iklan yang dipasang di blog, Agar terhindar dari pinalti google.
    Disamping itu, Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh blogger dalam mengoptimasi blog agar konten blog tetap ramah terhadap algoritma Google freshnees*):
    • Tingkatkan kecepatan loading blog.
    • Content blog yang original.
    • Hindari melakukan spamming link karena akan merugikan blog anda dan blog tempat anda menempatkan link spam tersebut.
    • Lakukan update blog secara berkala dengan kontent yang terbaru.
    Dalam algoritma Google freshness, ditambahkan satu variabel utama baru dalam sistem pengindeksan google yaitu google memberikan nilai positif terhadap kontent/isi website yang lebih fresh/terupdate seiring perkembangan topik/keyword tertentu.
    Dalam algoritma Google freshener , maka website /blog yang sering terupdate akan berpeluang untuk menempati posisi 10 SERP Google.Info rmasi lebih lengkap tentang algoritma search engine google ini bisa dilihat disini Google freshnees.

  2. Algoritma SEO Google Panda
    Pada algoritma SEO Google Panda yang diluncurkan tahun lalu (2011), merupakan search engine google yang lebih menekankan pada perbandingan volume iklan dan volume kontent tanpa memperhitungkan aspek letak iklan seperti pada SEO Google Freshener.
    Salah satu yang paling ditekankan oleh Google Panda adalah yang bersifat content farm dan autogenerated content. Untuk optimasi seo menggunakan algoritma google panda yaitu dengan menerapkan optimasi SEO on page yang lazim dilakukan oleh blogger agar mendapatkan posisi terbaik di search engine, daripada optimasi SEO off page. Jadi bahwa hanya optimasi seo on page-lah yang lebih penting dan sebagai jalan supaya bisa meningkatkan user expriencenya.
    Kurang lebih solusi yang dapat ditawarkan untuk sobat blogger dalam mengoptimasikan blognya dengan cara Optimasi seo menggunakan algoritma google panda antara lain :
    • Kata kunci disarankan harus ada pada title pada artikel.
    • Pastikan pula kata kunci itu tertera pada tag header h1 , h2 atau h3 di konten kalian. Adanya gambar pada postingan. Hal ini sangatlah penting dan pastikan gambar itu mempunyai alternatif atau biasa dibilang "ALT".
    • Pastikan keyword utama ada pada artikel dan di akhir artikel, maksudnya jika keyword yang ada di blog kita mempunyai kata kunci "SEO" maka kata kunci tersebut usahakan agar selalu ada pada artikel kita.
    • Pastikan keyword utama atau keyword main density pada sebuah artikel berkisara antara 2% sampai 5% dimana di setiap paragrafnya mengandung keyword utama dan usahakan buatlah secara alami.
    • Jangan memberikan sebuah external link pada konten tidak relevan atau juga bisa dibilang tidak nyambung dengan artikel yang anda punya. Contohnya jika artikel blog anda membahas tentang seo janganlah memberikan external link ke blog lain yang membahas tentang game.
    • Jika anda menempatkan link pada blog yang tidak relevan pastikan keyword itu memiliki tag "nofollow" supaya menghindari tuduhan perjual-belian link.
    • Pastikan artikel blog anda memiliki internal link menuju ke postingan blog anda sebelumnya dan jika anda berkenan pakai lah seo smart link merupakan suatu plugin untuk mengotomatis kan internal linking nya, dengan jalan yang bisa membuat link antar innerpage blog kita, sehingga bisa dikatakan plugin ini bisa membantu memperkuat link innerpage blog kita.
    • Usahakan memberikan sebuah penekan pada keyword dengan tag bold, underline dan italic.
    • Disarankanp ada saat menuliskan artikel minimal minimal 400 kata.
    • Gunakan selalu kategori yang relevan pada judul utama artikel blog anda.
    • Saat ini algoritma google panda mementingkan tingakt bounce rate atau pentalan dan durasi pengunjung dalam menelusuir blog anda, nah... related post, internal link dan konten video kini malah bisa meningkatkan optimasi ini.
    • Sebisa mungkin kurangi widget yang tidak begitu bermanfaat.
    • Beberapa pemaparan diatas mungkin dapat menambah pengetahuan efek "low quality content" atau konten kualitas rendah(konten sampah) terhadap rangking situs secara keseluruhan.
  3. Algoritma SEO Google Caffeine
    Algoritma search engine google caffeine ini diterapkan google di tahun 2010 yang memiliki ciri khas peningkatan kecepatan mengindeks website, maka algoritma kecepatan loading blog yang menjadi fokus utama dari Google Caffeine.
    Faktor-faktor berikut berperan besar pada sistem indeksan Google Caffeine :
    • Loading time
      Sistem yang baru ini memperhatikan kecepatan akses suatu website atau blog. Jadi, jika ketika kita mempunyai “loading time ” yang lebih cepat “google baru” akan lebih senang, sehingga peringkat menjadi lebih baik. Link juga berpengaruh pada kecepatan loading suatu halaman. Kemungkinan untuk kedepannya google akan memfokuskan kecepatan suatu situs terlebih dahulu kemudian baru mendeskripsikannya.
    • Broken Links.
      Jika di dalam suatu website banyak menaut ke halaman atau situs yang tidak bisa dibuka(broken link), akan berpengaruh negatif pada posisi website di Google SERP (search engine result page).
    • Isi web/blog, kualitas dan keakuratannya.
      Google Caffeine ini tidak suka dengan isi blog/website yang meniru mentah-mentah isi web atau blog lain. Sistem baru ini juga tidak menyukai jika ada blog atau website yang mempunyai kode HTML yang salah. Hal ini akan merugikan pemilik blog atau website tentunya. Jadi kita dituntut lebih cermat untuk selanjutnya atau mulai belajar HTML :)
    • Adanya spam atau spamers.
      Ini mesti dihindari oleh semuanya. Perubahan cara mengindeks dari googel Caffeine ini, nantinya akan berdampak pada hasil pencarian google yang lebih baru jika dibandingkan dengan pencarian google sebelumnya. Hal ini pastinya akan mempengaruhi rank dari blog atau website juga.
    Dengan menggunakan algoritma Caffeine, Google akan menganalisa web dalam ukuran yang kecil dan meng-update index pencariannya secara berkesinambungan. Ketika Google menemukan halaman atau informasi baru maka hal itu akan langsung diarahkan untuk muncul ke index.

  4. Algoritma Mobilegeddon
    adalah algoritma google terbaru yang di luncurkan pada tanggal 21 April 2015. Algoritma ini bertujuan untuk memperbarui pencarian yang bisa sesuai dengan versi mobile atau ponsel. Yang artinya google sedang mengembangkan algoritma yang dimana situs web yang belum menggunakan theme user untuk mobile akan menerima sanksi keras dari google webmaster. Mungkin Anda sudah merasakan dari update Algoritma Mobilegeddon kali ini, Secara signifikan pencarian akan berubah sesuai dengan template situs yang digunakan. jadi kalau anda belum menggunakan versi theme user mobile kini anda harus merubah sebab algoritma ini akan besar dampaknya menurut beberapa sumber di internet dan pakar seo. Walaupun Buka Info sudah pernah mengatakan di postingan Google Update Webmaster Tool Mobile Friendly, Kenyataannya belum memberikan informasi yang jelas tentang Algoritma Mobilegeddon Goole terbaru ini. Dalam artikel ini akan saya berikan sebuah informasi untuk menghadapi algoritma google terbaru di tahun 2015 ini, jadi kita bisa koreksi apakah web kita sudah support dengan kampanye google tentang desain mobile atau tidak.
    Sudah Banyak yang mengatakan dari beberapa sumber di internet tentang Algoritma Mobilegeddon ini, Namun begitu belum banyak perubahan yang dilakukan oleh beberapa situs web tentang hal ini, Kalau anda publisher Adsense mungkin anda sudah menerima pemberitahuan tentang update Algoritma Mobilegeddon ini yang dimana Adsense mengatakan.
    Mulai 21 April, Google Search akan memperluas penggunaan kesesuaian untuk seluler sebagai sinyal untuk menentukan peringkat. Periksa kembali apakah situs Anda lainnya siap untuk perubahan ini dengan menguji halaman situs menggunakan alat Pengujian Situs Mobile-Friendly.
    Perubahan ini akan mempengaruhi penelusuran seluler dalam semua bahasa di dunia dan akan memiliki dampak yang signifikan pada hasil Google Penelusuran. Pengguna akan lebih mudah mendapatkan hasil penelusuran relevan dan berkualitas tinggi yang dioptimalkan untuk perangkat mereka.
    Bila situs Anda sesuai untuk seluler, Anda juga akan merasakan manfaatnya melalui penambahan pengguna dan pendapatan di seluruh layar.
    Ini merupakan email yang diberikan oleh Google Adsense. Ancaman yang sudah real dampak untuk situs yang tidak menggunakan template mobile akan diberikan sanksi atas hal ini, Untuk itu pelajari tentang Algoritma Mobilegeddon Google Terbaru ini.
    Algoritma Mobilegeddon bukanlah algoritma yang sering kita kenal seperti algoritma Hummingbird, Algotiritma Panda, Algoritma Pegion dan Algoritma Penguin. Pengaruh besar hanya pada tampilan responsive yang artinya hanya berfokus pada tampilan desain template saja. Jadi ini tidak lagi menyangkut tentang backlink atau juga artikel spam. Beberapa tips berikut ini akan memberikan solusi untuk menghindari Algoritma Mobilegeddon Google Terbaru ini.

    Tips Terhindar Dari Algoritma Mobilegeddon Google
    • Silahkan ganti theme anda dengan theme user mobile, Ada banyak theme yang user mobile yang bisa anda pilih, Namun begitu tetaplah mencari template yang seo.
    • Sesuaikan font yang tepat serta margin dan padding untuk semua tampilan.
    • Anda bisa menggunakan plugin mobile site jika anda menggunakan platform wordpress.
    • Luangkan waktu untuk cek template anda apakah sudah benar-benar sesuai dengan kebijakan Algoritma Mobilegeddon Google atau belum, Jika tidak anda bisa menggunakan template lain atau bisa juga edit template anda supaya user mobile.
    • Sebaiknya satu theme untuk semua versi. Jika anda tidak terlalu sibuk anda bisa edit template untuk semua versi. Baik desktop dan mobile.
    • Tetaplah update posting, jangan terpengaruh dengan Algoritma Mobilegeddon Google, Jika template anda sudah user mobile.
    Itulah beberapa tips untuk terhindar dari Algoritma Mobilegeddon Google kali ini. Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan dari webmaster. Anda bisa melihat seberapa baik situs anda di webmaster pada navigasi sebelah kiri pada menu Kebergunaan Seluler. Jika terdapat kesalahan anda bisa langsung memperbaikinya. mungkin hanya itu tentang Algoritma Mobilegeddon Google kali ini semoga anda bisa menyesuaikan dengan algoritma google terbaru. Jika ada kabar penting lainnya saya akan berikan informasi lagi. Semoga sukses selalu dengan web dan blog anda.
Ayo Like Facebooknya
Tag : SEO

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
Algoritma SEO
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top