Blog Personal tentang tips Blogging dan Internet Marketing

Mira Modi Pembuat Password Super Aman

Mengingat lagi ke belakang, jika ditanya ketika usia 11 tahun apa yang bisa kita lakukan waktu itu? Jawaban rekan-rekan tentu akan sangat beragam. Saya sendiri kala itu baru belajar naik sepeda dan senang-senangnya main persewaan game konsol jadul di depan sekolah (siapa yang pernah coba juga? hehe)

Namun apa yang sudah dilakukan gadis kecil yang satu ini tentu jauh sekali dari apa yang saya dulu lakukan. Di usianya yang ke 11 tahun, gadis bernama Mira Modi ini sudah mampu menciptakan sesuatu yang bahkan mungkin banyak orang dewasa belum tentu bisa. Ia mampu membuat password unik hasil olah data passphrase bermekanisme Diceware. Apaan tu? Singkatnya gadis asal New York, Amerika Serikat ini membuat password yang super aman dan dijamin anti hacker.

Bahkan menariknya lagi, keahliannya tersebut ia bisniskan menjadi jasa pembuatan password dengan tingkat keamanan tinggi. Dari bisnis isengnya tersebut Modi setidaknya mendapat tambahan uang tabungan dan tentu saja pengalaman yang sangat penting untuk masa depannya. Selengkapnya tentang kisah Mira Modi mengembangkan bisnis unik miliknya, bisa disimak lewat artikel di bawah ini.


Kreatif! Gadis Kecil Ini Dapatkan Uang Dari Jualan “Password” Super Aman

Berawal Dari Sang Bunda

Belum lama ini, nama Mira Modi cukup hangat dipebincangkan #media online di kawasan Amerika karena kemampuannya dalam membuat password Passphrase dengan mekanisme Diceware. Tidak hanya membuat, ia juga menjual keahliannya tersebut pada siapa saja yang ingin mempunyai password dengan tingkat keamanan tinggi namun tetap mudah di ingat.

Kelebihan yang dimiliki Modi tersebut tentu tidak begitu saja muncul. Awalnya yang memperkenalkan dirinya dengan teknik pembuatan password adalah sang bunda sendiri, Julia Angwin. Julia adalah seorang jurnalis salah satu media besar di Amerika. Dan pada satu saat sang ibu meminta pada Modi untuk membuat beberapa sandi passphrase diceware yang akan digunakan untuk kebutuhan penelitian.

Setelah mempelajarinya, ternyata ia sangat tertarik dan semakin mengasah kemampuannya. Hasilnya sangat luar biasa, dari awalnya hanya membantu project milik sang bunda, kini Modi justru terjun ke bisnis kecil-kecilan setelah melihat adanya peluang banyak orang yang ingin mempunyai password berkeamanan tinggi.


Sekilas Tentang Teknik Passphrase Diceware

Bagi rekan-rekan yang belum faham seperti apakah teknik pembuatan kata sandi Passphrase dengan metode Diceware, secara sederhana passphrase adalah sebuah sandi yang berbentuk lebih panjang dari sandi pada umumnya. Sandi Passphrase bisa terdiri dari beberapa kata acak yang membentuk kalimat tanpa pola sejumlah 20 hingga 40 karakter.

Dalam pembuatan Passphrase sendiri ada satu metode yang bisa digunakan yakni metode Diceware. Diceware adalah metode untuk mendapatkan serangkaian data berdasar hasil lemparan dadu (Dice). Secara sederhana, nantinya si pembuat sandi akan melempar dadu sebanyak 5 kali untuk mendapatkan 5 angka acak. Berikutnya 5 angka tersebut akan dicocokkan dengan kamus khusus yang berisi banyak sekali kata-kata acak dalam bahasa Inggris.

Lalu, si pembuat akan mengulangi prosesnya sebanyak 6 kali hingga mendapatkan 6 kata berbeda. Susunan 6 kata tersebutlah yang menjadi produk akhir Passphrase Diceware.

Dengan metode tersebut, diklaim akan menghasilkan kekuatan sandi yang sangat rumit dan sulit dipecahkan. Namun bagi orang yang mempunyai sandi tersebut, akan dibuat lebih unik dan sehingga hanya dia yang bisa mengetahui sandi super aman tersebut.


Penghasilan Modi Melebihi Standar Gaji Pekerja

Di usianya yang baru 11 tahun siapa sangka Modi sudah bisa mendapatkan uang dari hasil kreatifitasnya sendiri. Meskipun mengaku tidak terlalu fokus pada pendapatan, namun secara polos ia mengatakan tetep bahagia dan semakin semangat karena ia bisa mendapatkan uang sendiri.

Mira Modi membuka jasa pembuatan sandi Passphrase dengan tariff hanya 2 dollar untuk setiap sandi. Namun dengan banyaknya pesanan yang masuk, tiap jamnya gadis yang masih duduk di sekolah dasar tersebut mampu mengantongi tak kurang dari 12 dollar. Dan nyatanya angka tersebut lebih tinggi dari rata-rata standar upah di kota New York, yakni sebesar 8,75 dollar /jam.

Ke depan jasa yang ia jajakan lewat situs pribadinya tersebut akan terus ia kembangkan. Terlebih untuk masalah keamanan digital, Modi mengaku semakin tertarik dan ingin mempelajari lebih dalam. Saya yakin tidak perlu waktu lama, talenta muda seperti Modi ini akan segera di fasilitasi banyak perusahaan teknologi besar di Amerika.

Namun tidak perlu melihat jauh di negeri Paman Sam, di Indonesia sendiri sebenarnya tidak kurang banyak kog Modi-Modi lain dengan berbagai keahlian terpendam yang bisa dimaksimalkan. Pertanyaannya adalah apakah kita mau berusaha mengembangkannya? Karena bukan tidak mungkin salah satu talenta luar biasa itu adalah..Kamu!

Ayo Like Facebooknya
Tag : Info, Teknologi

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
Mira Modi Pembuat Password Super Aman
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top