Blog Personal tentang tips Blogging dan Internet Marketing

Create Blog

Tahukah kamu, apa itu Blog? Blog adalah situs web Anda yang mudah digunakan, di mana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi. Semua secara GRATIS.

Bagaimana caranya :



Seperti gambar di atas, dapat kita lihat bahwa begitu mudahnya membuat sebuah blog. Diawali dengan membuat sebuah account dilanjutkan dengan memberi nama blog dan diakhir dengan memilih sebuah template. Selesai sudah dan kita sudah memiliki sebuah blog... Mudah bukan.

Ok, biar jelasnya berikut ini tahapan yang kamu harus lakukan untuk menciptakan sebuah blog.

Tahap Pertama : Ciptakan Blog Anda

  1. Buka alamat http://www.blogger.com

  2. Klik link berupa gambar panah bertuliskan 'CIPTAKAN BLOG ANDA'.

  3. Ciptakan sebuah akun Google :
    Halaman ini berisi formulir pendaftaran yang harus kamu isi untuk mendapatkan akun Google. Isi semua kolom yang tersedia di halaman ini.

  4. Masukkan alamat email di bagian 'Alamat Email'. Nantinya alamat email ini akan digunakan sebagai saat masuk log (log in) ke Blogger.com. Email yang dimasukkan di sini harusnya adalah email yang masih berlaku, karena setelah semua prosedur pendaftarannya ini selesai, pihak Blogger.com akan mengirimkan email konfirmasi yang mengharuskan kamu untuk membaca dan membuka link yang ada di dalamnya.

  5. Masukkan kata sandi di bagian 'Masukan sebuah Password'. Kata sandi harus tak lebih pendek dari 8 huruf, bisa berupa gabungan huruf dan angka. Gunakan kata sandi yang mudah kamu ingat.

  6. Sekali lagi masukan kata sandi yang sama di bagian 'Ketik Ulang Sandi'. Ini sekadar memastikan bahwa kita menuliskannya secara sadar dan benar saat menuliskan kata sandi pada kolom sebelumnya.

  7. Pada kolom 'Nama Tampilan' isikan dengan nama. Nantinya nama ini akan muncul di bagian bawah postingan sebagai penanda siapa yang menullis postingan di blog.

  8. Di kolom 'Verifikasi Kata', isikan dengan huruf-huruf yang tertampil. Cukup kamu ketik ulang huruf yang tertampil tersebut.

  9. Pada kolom paling bawah ('Penerimaan Persyaratan') centang kotak di depan tulisan 'Saya menerima Persyaratan dan Layanan'. Dengan dicentangnya kotak ini maka kamu dianggap telah menyetujui persyaratan dan ketentuan yang diberlakukan.

  10. Selanjutnya klik tanda panah bertuliskan 'LANJUTKAN'.


Tahap Kedua : Beri nama Blog kamu.
Inilah halaman untuk memberikan nama pada blog yang akan diciptakan.

  1. Di kolom pertama masukkan sebuah judul blog.

  2. Pada baris kedua 'alamat Blog (URL)' isikan kata-kata yang menjadi alamat blog kamu nantinya. Jadi, bila kamu isikan dengan kata 'bengkel-blog', maka blog kamu nantinya akan beralamat di : http://bengkel-blog.blogspot.com. Pilihlah kata-kata yang tak terlalu panjang agar kamu tak kerepotan saat mengetikkan alamat blog kamu.

  3. Abaikan bagian di bawahnya ('Setup Tingkat Lanjut') bila kamu masih tetap menggunakan Blogger.com sebagai hostingan blog kamu.

  4. Lanjutkan dengan menekan tombol panah bertuliskan 'LANJUTKAN'. Bila pengalamatan alamat blog (URL) masih tersedia, kamu lanjutkan ke tahap ketiga.

  5. Akan muncul notifikasi 'Maaf, alamat blog ini tidak tersedia'. Pemberitahuan ini muncul hanya bila kata-kata yang baru saja kita ketikkan ternyata sudah terpakai oleh pemilik blog lain.
    Di bawahnya akan muncul beberapa alternatif pilihan yang bisa kamu pakai sebagai penggantinya. Bila sekiranya ada nama alternatif yang cocok, ketiklah namanya di bagian 'Alamat Blog (URL)'. Namun bila memiliki nama lain, silakan saja dicoba lagi.


Tahap Ketiga : Pilih sebuah template.

  1. Pilih sebuah template. Kini saatnya kamu menentukan tampilan template sebagai bungkus perwajahan blog. Ada beragam pilihan yang bisa dipilih. Tarik scroll ke bawah untuk melihat keseluruhan pilihan template yang tersedia. Sudah ketemu pilihan kamu, jangan lupa klik bulatan yang ada di bagian bawah template yang hendak dipilih kemudian klik 'LANJUTKAN'.

  2. Blog kamu sudah diciptakan... Selamat kamu membaca tulis tersebut, itu artinya kamu telah berhasil menciptakan sebuah blog. Langkah penting selanjutnya adlaah mengisi blog dengan menulis postingan. Untuk itu klik tombol 'MULAI POSTING'.

  3. Selamat Mencoba...
Ayo Like Facebooknya
Tag : Blogspot, Tutorial

Share this:

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Berlangganan :
Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari langsung di pesan kotak masuk.

feedburner


Anda telah membaca artikel :
Create Blog
Semoga bermanfaat, Terima kasih.
Cara style text di komentar Disqus:
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar

Back To Top